Teknik Mekatronika?

Buat teman-teman yang baru saja melepas status dari seragam putih abu-abu, pasti kemarin-kemarin banyak yang sibuk mencari bangku kuliah. Tentunya teman-teman ingin masuk perguruan tinggi favorit dengan jurusan yang sesuai dengan apa yang kita kehendaki, bukan? Ada yang ingin masuk juruan kedokteran, kehutanan, pertanian, teknik elektro, teknik mesin, teknik sipil, teknik informatika dan lain sebagainya. Dari banyaknya pilihan jurusan yang bisa kita pilih, mungkin sempat pernah mendengar atau tak sengaja mendengar tentang “Mekatronika”?

Program Studi Teknik Mekatronika. Mungkin masih asing untuk didengar. Lagi pula, belum banyak perguruan tinggi di Indonesia yang mampu membuka program studi ini. Dari yang penulis tahu, perguruan tinggi yang sudah membuka program studi ini adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Politeknik Aceh, dan beberapa perguruan tinggi lain di belahan Indonesia timur. Lalu, apa sebenarnya yang dipelajari di Mekatronika? Ilmu Mekanika-kah? Elektro-kah? Elektronika-kah? Informatika-kah? Jawabannya, semua benar. Ya, semua ilmu tersebut ada di Mekatronika. Bisa dibayangkan betapa kompleks ilmu Mekatronika ini.

Secara awam, Mekatronika bisa kita tafsirkan sebagai gabungan dari ilmu Mekanika, Elektronika, dan Informatika. Namun, mengutip dari situs Wikipedia, berdasarkan hasil Musyawarah nasional mekatronika, Bandung 28 Juli 2006, komunitas mekatronika indonesia merekomendasikan definisi Mekatronika sebagai berikut: Mekatronika adalah sinergis IPTEK teknik mesin, teknik elektronika, teknik informatika dan teknik pengaturan (atau teknik kendali) untuk merancang, membuat atau memproduksi, mengoperasikan dan memelihara sebuah sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sedangkan menurut IEEE (IEEE Mechatronics Transaction, 1996), definisi mekatronika adalah sebagai berikut: Mechatronics is the synergistic integration of mechanical engineering with electronics and intelligent computer control in the design and manufacturing of industrial products and processes.

Dari sejarahnya, Mekatronika lahir di negara Jepang pada tahun 1969. Perusahaan Yaskawa Electric Cooperation lah yang pertama kali mengenalkan ilmu ini. Pada mulanya, perusahaan ini berkembang dalam bidang Feinwerktechnik, yaitu cabang dari teknik yang mengedepankan aspek ketelitian, seperti pada pembuatan jam, alat optik dan sebagainya. Seiring laju dan perkembangan zaman, ilmu Informatika lahir lebih dulu sebagai saudara dekat Mekatronika. Kemudian sampai saat ini mekatronika dipandang sebagai suatu disiplin ilmu teknik yang menggabungkan atau mensinergikan disiplin ilmu mekanika, ilmu elektronika, dan ilmu informatika.

Aplikasi dari ilmu yang diprediksi sebagai salah satu ilmu yang dalam waktu dekat akan merubah hidup kita (versi Majalah Technology Review) ini sangat luas. Hampir seluruh teknologi yang ada saat ini pasti mendapat sentuhan ilmu Mekatronika. Semua teknologi terbaru yang mengandung unsur sensor dan transducer, mikrokontroller, Integrated Circuit (IC), mikroprosesor, sistem kendali cerdas, otomasi dan robotika tentunya itulah Mekatronika. Padahal hampir semua teknologi terbaru saat ini mengandung unsur-unsur tersebut. Ya, itulah Mekatronika!

Published by Gradasi Magazine EdisiV/NO.3/AUGUST 2011

0 comments: